Jumat, 29 November 2019

PERAN, FUNGSI DAN KOMPONEN TIK DALAM PEMBELAJARAN


RESUME

            Pada dasarnya ilmu itu tidak bisa berdiri sendiri. Ilmu itu harus beragam, dengan tujuan selain bisa memperkaya ilmu yang bervariasi, maka semakin banyak pula pengetahuan yang kita peroleh. Dan untuk saat ini ilmu itu akan semakin berkembang bila didukung oleh internet.
          
  Sebelum berbicara tentang internet, sebaiknya kita mengenal dulu tentang Revolusi Industri era 1.0 yang menjelaskan bahwa tenaga manusia diganti dengan mesin. Era 2.0 menjelaskan bahwa tenaga mesin diganti menjadi tenaga listrik. Adapun penemu listrik adalah Sir Isaac Newton, adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, berasal dari Inggris.  Era 3.0 menjelaskan bahwa tenaga listrik diganti menjadi computer.Teknologi computer, sangat membantu kehidupan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan. Computer merupakan alat yang biasanya dipergunakan untuk mengolah data yang sudah ditentukan. Dengan begitu system computer dapat menjalankan berbagai program. Era 4.0 memperkenalkan manusia dari system computer beralih ke system internet. Ketika mendengar kata “online” itu berarti seseorang sedang terhubung dengan internet. Pada saat ini internet sudah banyak memiliki jaringan yang mengelilingi dunia. Banyak orang dapat saling berkirim pesan dan mencari informasi melalui internet. Dan berbagai fasilitas dapat diperoleh saat terhubung dengan internet. Salah satunya adalah E-Mail, File Transfer, dan masih banyak lagi. Sehingga di era ini kita wajib memiliki email, blog dan google drive, yang salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan data.Kita belum berhenti di era 4.0 ini, ternyata negara yang sudah lebih maju dari kita, contohnya Malaysia sudah masuk di Era 5.0 dari internet berkembang kepada kehidupan social.
            Untuk menuju ke era tersebut, kita harus terus belajar dan belajar. Adapun pembelajaran itu terdiri dari informasi, teknologi dan komunikasi. Informasi adalah kumpulan pesan yang terdiri dari symbol atau yang dapat direkam. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang bahkan semua orang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain yang dilakukan secara lisan yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Teori komunikasi model SMCR (Source, Messager, Channel, Receiver) dikenalkan oleh David Berlo K. source yaitu sumber komunikasi atau pembicara, Message yaitu pesan atau apa yang dikirimkan, channel yaitu saluran komunikasi, receiver yaitu penerima pesan atau biasa disebut dengan komunikan.

1 komentar: