Jumat, 29 November 2019

PEMANFAATAN TIK DALAM PENDIDIKAN


RESUME II

PEMANFAATAN TIK DALAM PENDIDIKAN

Salah satu kompetensi pedagogic guru adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. 

Salah satu dari literasi abad 21 adalah dengan menggunakan media, multicultural, informasi dan teknologi. Dengan keterampilan Teknologi Informasi Komputer (TIK) maka akan mendukung pengembangan professional secara berkelanjutan.
Adapun fungsi TIK dalam Pendidikan yaitu sebagai system informasi manajemen sekolah, sebagai sumber belajar, media pembelajaran, media interaksi dan komunikasi antara pengajar dengan pengajar, pengajar dengan siswa, siswa dengan siswa baik itu secara global atau mendunia.
Aktivitas professional seorang guru itu diawali dari menulis, mencari informasi, mengolah data, mengajar dan refleksi. Permasalahan yang sering dihadapi guru dalam menghadapi sumber belajar adalah, bagaimana cara penyampaian materi pelajaran kepada siswa sehingga sesuai standar minimal kurikulum, dan bagaimana proses pembelajaran dapat melibatkan siswa sehingga aktif dan kreatif. Jadi peranan TIK sebagai sumber belajar dapat menjawab permasalahan tersebut bila dilakukan dengan baik.
Sementara itu keterampilan TIK bagi guru sangat bermanfaat dalam hal menulis, mengolah data, membuat dan menyajikan slide presentasi, mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi, serta menggunakan sarana komunikasi berbasis internet secara efektif, efisien dan beretika. Sehingga pemanfaatan TIK dalam Pendidikan dapat benar-benar diterapkan.

1 komentar: