Jumat, 29 November 2019

MEMBUAT MODEL DAN PENGEMBANGAN TIK/ICT DI SEKOLAH


RESUME IV

MEMBUAT MODEL DAN PENGEMBANGAN TIK/ICT DI SEKOLAH

            Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
            Teknologi informasi sebagai konsep pembelajaran terdiri dari on line dan off line. Adapun yang termasuk dalam pembelajaran on line yaitu distance learning, E-Learning, on line learning. Sedangkan yang termasuk dalam pembelajaran off line yaitu on line learning, computer based learning.
            Model pengembangan teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan perangkat keras TIK khususnya komputer. Adapun fase pertama diawali dengan fase programming, drill and practice yaitu penggunaan perangkat lunak komputer yang menyajikan latihan praktis dan singkat. Fase kedua yaitu fase computer based learning with multimedia, dalam hal ini mampu menyajikan kombinasi teks, gambar, animasi dan video. Fase ketiga yaitu fase internet based training, dalam fase ini internet digunakan sebagai media pembelajaran, namun masih terbatas pada teks dan gambar.  Fase keempat merupakan fase kematangan pembelajaran internet yaitu e-learning. Fase kelima adalah fase social software plus free and open content yaitu banyaknya bermunculan perangkat lunak pembelajaran dan konten pembelajaran gratis yang mudah diakses baik oleh guru maupun siswa, yang selanjutnya dapat diedit sesuai dengan kebutuhan.
 Adapun inti pembelajaran itu adalah bagaimana murid belajar. Barangkali dengan pembelajaran menggunakan media TIK akan mendukung memberikan pembelajaran yang menyenangkan sehingga mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

1 komentar: