Kamis, 21 November 2019

CRITICAL BOOK REVIEW ( CBR ) "TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN;Pengertian dan Penerapannya di Indonesia


CRITICAL BOOK REVIEW
TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN:Pengertian dan Penerapannya di Indonesia
Yusufhadi Miarso dkk
Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali 1986 dalam rangka ECD Project (USAID)
Kekurangan sarana, kekurangan guru dalam bentuk jumlah dan mutu, kekurangan dana untuk Pendidikan sementara tugas pengadaan Pendidikan yang memadai bagi seluruh warga negara di negara-negara berkembang mendesak, telah mendorong para pengambil keputusan untuk mencari berbagai alternative pemecahan. Berdasarkan hasil penelitian para ahli dan pengamatan terhadap pelaksanaan Pendidikan di berbagai negara maju, penggunaan media teknologi komunikasi dalam Pendidikan merupakan alternative pemecahan yang dapat diterima. Maka hampir seluruh negara berkembang mencoba memanfaatkan media ini dalam system Pendidikan nasional masing-masing. Pada umumnya pemanfaatan media ini adalah untuk menunjang proses belajar mengajar. Berbagai ragam pilihan media ini disesuaikan dengan maksud pesan yang akan disampaikan sesuai dengan tujuan Pendidikan negara masing-masing. Organisasi pengelola kegiatan ini juga berbagai macam ragamnya serta tingkat tanggung jawab dan ruang lingkup kerjanya.
Adapun tujuan penulisan buku ini dikarenakan teknologi modern dalam bidang komunikasi  telah mempengaruhi seluruh sector kehidupan, termasuk Pendidikan. Dengan adanya produk elektronik, dunia Pendidikan memasuki revolusi ke-4 setelah revolusi guru, revolusi Bahasa tulisan, dan revolusi mesin cetak. Revolusi ke-4 ini diharapkan akan membawa kemajuan pesat terhadap dunia Pendidikan, dengan unsur utamanya belajar. Bagi Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan,Teknologi Komunikasi Pendidikan (TKP), sangat penting artinya, terutama demi tercapainya pemerataan kesempatan belajar yang lebih luas bagi seluruh rakyatnya. Salah satu usaha nyata yang dapat dilihat misalnya dengan adanya system Pendidikan jarak jauh, Pendidikan melalui radio dan universitas terbuka. Buku ini berbicara lebih jauh mengenai TKP tersebut.
 Adapun manfaat buku ini dengan TIK karena buku ini berbicara tentang system Pendidikan jarak jauh, maka dengan metode TIK sangat berhubungan dan sangat bermanfaat untuk dibaca. Karena ilmu dan Pendidikan bisa kita dapatkan dari berbagai tempat.
Demikianlah sekilas lintas tentang pemanfaatan teknologi komunikasi dibarengi negara berkembang.

1 komentar: